Kapasitas Kelembagaan Universitas Negeri Padang Dalam Mengakomodasi Pendidikan Inklusif Kepada Penyandang Disabilitas

Authors

  • Deprianto Deprianto Universitas Negeri Padang
  • Siska Sasmita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v5i2.132

Keywords:

Disabilitas, Pendidikan Inklusif, Kapasitas Kelembagaan, Universitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa penyandang disabilitas dalam mengakses layanan akademik dan layanan kemahasiswaan di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui kapasitas kelembagaan Universitas Negeri Padang dalam mengakomodasi pendidikan inklusif kepada penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Informan dalam penelitian ini meliputi  Sekretaris UNP, Lembaga Pengembangan Pendidikan Pelaksana Tugas Strategis UNP, Pusat Layanan Disabilitas UNP, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi UNP, Direktur Umum Biro Akademik UNP, Biro Perencanaan dan Kerjasama UNP, Biro Kemahasiswaan dan sejumlah mahasiswa penyandang disabilitas. Data dianalisis menggunakan Teori Kapasitas Kelembagaan dari Lewis dan Cowens (1985) dengan enam dimensi kapasitas kelembagaan yaitu: 1) kondisi informasi, 2) kondisi komunikasi, 3) kondisi simetri, 4) kondisi penegakan dan pencegahan, 5) kondisi pemantauan 6) pengaruh kumulatif dari kondisi. Hasil penelitian menunjukkan tidak terpenuhinya kapasitas kelembagaan UNP dalam memberikan layanan akademik dan layanan kemahasiswaan bagi mahasiswa penyandang disabilitas. Namun, UNP tengah mengupayakan perbaikan layanan akademik dan kemahasiswaan untuk  mengakomodasi kesetaraan dalam bidang pendidikan.

References

Adithi, A. (2018). Development of institutional theory and its application to MNE context: A review of literature. Focus Journal of International Business, 4(02), 124-141. https://doi.org/10.17492/focus.v4i02.11693

Amatullah, A. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Inklusif Sebagai Upaya Mencegah Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4916

Amka, A. (2019). Pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus di Kalimantan Selatan. Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus …. https://core.ac.uk/download/pdf/322566111.pdf

Arriani, F., Agustiawati, A., Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., & ... (2021). Panduan pelaksanaan pendidikan inklusif. repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/24970/1/Panduan_Inklusif.pdf

Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu. https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/GW/article/view/465

Blomquist, W., & Ostrom, E. (1985). Institutional capacity and the resolution of a commons dilemma. Policy Studies Review, 5(2).

Fatimah, A. S. (2019). Kapasitas kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tasikmalaya. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.25077/jakp.4.1.1-11.2019

Imran, Y. (2018). Penyandang disabilitas di perguruan tinggi. In Prosiding Konferensi Nasional Ke-8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTM) (pp. 1-7). ISBN 978-602-50710-9-6.

Isaza, C. E., Herrera Kit, P., & Lozano Herrera, J. C. (2016). Capacity: A literature review and a research agenda. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2824486

Junaedi Sastradiharja, Farizal, & Maran Sutarya. (2020). Pendidikan inklusif di perguruan tinggi: Studi pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta. Journal of Islamic Education, 2(1).

Khairuddin, K. (2020). Pendidikan Inklusif di Lembaga Pendidikan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/viewFile/751/576

Mozes, N. Z. (2020). Hak Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas Dalam Presfektif Hak Asasi Manusia. Lex et Societatis. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/view/29504

Mulyah, S., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusif. Journal on Education. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1615

Munauwarah, R., Zahra, A., Supandi, M., Restiany, R. A., & ... (2021). Pendidikan Inklusi Solusi Utama Untuk Anak Penyandang Disabilitas. …. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin/article/view/21

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UNP "Veteran" Yogyakarta Press.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. … Journal of Humanities and Social Sciences. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/IJHSS/article/view/3099

Nisa, L. S. (2019). Pemenuhan Kebutuhan pendidikan bagi penyandang disabilitas di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan. http://www.jkpjournal.com/index.php/menu/article/view/15

Nurfadillah, S. (2021). Pendidikan inklusi tingkat sd. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=QE9WEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pendidikan+inklusif+kepada+penyandang+disabilitas&ots=aMQocrGcD7&sig=47UhvRzFEF9Iw1Glk0W0JvSRd6Q

Nurussakinah, T., Mulyadi, S., & ... (2024). Menyongsong Masa Depan: Survei Implementasi Pendidikan Inklusi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. … : Jurnal Pendidikan …. https://www.murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/563

Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam era Digital. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=58v5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pendidikan+inklusif+kepada+penyandang+disabilitas&ots=N49-yCjYVd&sig=SdJSh5kgfkmECIMiDQYypuPLzNg

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 48 tahun 2023 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Formal, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi.

Puspandari, K., & Sinaga, Y. (2023). Tanggung Jawab Negara dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal Ilmiah Publika. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Publika/article/view/8269

Riyadi, E. (2021). Pelaksanaan pemenuhan hak atas aksesibilitas pendidikan tinggi bagi penyandang disabilitas di Yogyakarta. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum. https://journal.uii.ac.id/IUSTUM/article/view/17463

Rosita, T., Rochyadi, E., & Sunardi, S. (2020). Teknologi Asistif dalam Pendidikan Inklusif. COLLASE (Creative of …. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/6246

Rosita, T., Suherman, M. M., & Nurhaqy, A. A. (2022). Keterampilan kolaborasi guru sekolah dasar untuk keberhasilan pendidikan inklusif. Warta Pengabdian. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/23395

Setiawan, A. D., & SETYOWATI, R. R. N. (2020). Pemenuhan Hak Peserta Didik Penyandang Disabilitas di SMA Negeri 4 Sidoarjo (Studi Akses Pendidikan Program Sekolah Inklusi). Kajian Moral Dan …. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/34713

Setiawan, H., Oktaviyanti, I., & ... (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. … Jurnal Pendidikan …. https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/4704

Supena, A., Nurasiah, I., Safitri, N., Kusmawati, A. P., & ... (2022). Pendidikan Inklusi Untuk ABK. Deepublish.

Suwahyo, B. W., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Asistif dalam Pendidikan Inklusif. Edcomtech. https://www.neliti.com/publications/373292/pemanfaatan-teknologi-asistif-dalam-pendidikan-inklusif

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijaya, S., & Supena, A. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA.

https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4592

Wulandari, S., Suprapti, S., & ... (2022). Desentralisasi Penyediaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Systematic Literature Review. Publisia: Jurnal Ilmu …. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkpp/article/view/8484

Yohanes, T., Widiyastuti, Y. S. M., Krismantoro, D., & ... (2022). Kajian Ideologis Pancasila terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. ejurnalpancasila.bpip.go.id. https://ejurnalpancasila.bpip.go.id/index.php/PJK/article/view/82

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Deprianto, D., & Sasmita, S. (2024). Kapasitas Kelembagaan Universitas Negeri Padang Dalam Mengakomodasi Pendidikan Inklusif Kepada Penyandang Disabilitas. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 5(2), 12. https://doi.org/10.47134/villages.v5i2.132

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.