Strategi Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dalam Peningkatan Citra Pemerintahan Kabupaten Bangka

Authors

  • Erwin Erwin Institut Pahlawan 12
  • Erfan Erfan Institut Pahlawan 12
  • Herwan Herwan Institut Pahlawan 12

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v5i1.84

Keywords:

Strategi Komunikasi, Publik, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Citra, Pemerintahan Kabupaten

Abstract

Penelitian ini membahas peran dinas dalam meningkatkan citra sebuah pemerintahan yang bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) sebagai Humas Pemerintah memiliki strtegi internal dan strategi eksternal untuk membangun komunikasi, koordinasi yang baik antar sesama pegawai, menjalankan fungsi kehumasan dan menjalin kerjasama atau hubungan yang baik dengan media di luar pemerintahan. Dengan metode kualitatif, teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada dua kelompok informan yang digunakan yakni informan dari pihak Dinas Kominfotik dan informan dari pihak elemen masyarakat. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang strategi-strategi yang memanfaatkan media internal dan media eksternal yang bertujuan agar informasi kegiatan pemerintahan dapat tersebar dengan luas serta pandangan masyarakat sebagai dampak dari informasi tersebut. Citra pemerintahan Kabupaten Bangka sudah meningkat terlihat dari dukungan yang positif dari masyarakat walaupun ada beberapa pelayanan yang harus diperbaiki. Peningkatan anggaran yang mencukupi serta sumberdaya yang kompeten sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan upaya penyebarluasan informasi.

References

Alhassan, F. M. (2021). The saudi ministry of health’s twitter communication strategies and public engagement during the COVID-19 pandemic: Content analysis study. JMIR Public Health and Surveillance, 7(7). https://doi.org/10.2196/27942

Browning, N. (2020). Muting or Meddling? Advocacy as a Relational Communication Strategy Affecting Organization–Public Relationships and Stakeholder Response. Journalism and Mass Communication Quarterly, 97(4), 1026–1053. https://doi.org/10.1177/1077699020916810

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Rajawali Pers.

del Mar Gálvez-Rodríguez, M. (2019). The Syrian refugee crisis: how local governments and NGOs manage their image via social media. Disasters, 43(3), 509–533. https://doi.org/10.1111/disa.12351

Dewi, M. S. R. (2019). Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam). Research Fair Unisri, 3(1), 139–142.

Dhanesh, G. S. (2021). Visual communication and public relations: Visual frame building strategies in war and conflict stories. Public Relations Review, 47(1). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.102003

Gayon, V. (2020). Neoliberalism and the “think-tank image” fallacy: A sociological exploration of homologies of structuration inside the OECD, EU, and governments. Shaping Policy Agendas: The Micro-Politics of Economic International Organizations, 36–56.

Gu, C. (2019). Mediating ‘face’ in triadic political communication: a CDA analysis of press conference interpreters’ discursive (re)construction of Chinese government’s image (1998–2017). Critical Discourse Studies, 16(2), 201–221. https://doi.org/10.1080/17405904.2018.1538890

Hu, K. (2022). The image of the Chinese government in the English translations of Report on the Work of the Government: a corpus-based study. Asia Pacific Translation and Intercultural Studies, 9(1), 6–25. https://doi.org/10.1080/23306343.2022.2066814

Ishak, A., & Darmawan. (2017). Teknologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Jin, Q. (2021). Can communication strategies combat covid-19 vaccine hesitancy with trade-off between public service messages and public skepticism? Experimental evidence from Pakistan. Vaccines, 9(7). https://doi.org/10.3390/vaccines9070757

Lacarcel, F. J. (2023). Digital communication strategies used by private companies, entrepreneurs, and public entities to attract long-stay tourists: a review. International Entrepreneurship and Management Journal, 19(2), 691–708. https://doi.org/10.1007/s11365-023-00843-8

Masngut, N. (2021). Association between public opinion and malaysian government communication strategies about the COVID-19 crisis: Content analysis of image repair strategies in social media. Journal of Medical Internet Research, 23(8). https://doi.org/10.2196/28074

Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. P.T. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. P.T. Remaja Rosdakarya.

Nezhina, T. (2021). Public Personnel Job Satisfaction and Retention: The Effects of Perceived Image and Prestige of Government Jobs. International Journal of Public Administration, 44(16), 1435–1445. https://doi.org/10.1080/01900692.2021.1939714

Ngai, C. S. B. (2020). Grappling with the COVID-19 health crisis: Content analysis of communication strategies and their effects on public engagement on social media. Journal of Medical Internet Research, 22(8). https://doi.org/10.2196/21360

Offerdal, T. S. (2021). Public Ethos in the Pandemic Rhetorical Situation: Strategies for Building Trust in Authorities’ Risk Communication. Journal of International Crisis and Risk Communication Research, 4(2), 247–270. https://doi.org/10.30658/jicrcr.4.2.3

Parrey, S. H. (2019). Mediating role of government initiatives and media influence between perceived risks and destination image: a study of conflict zone. International Journal of Tourism Cities, 5(1), 90–106. https://doi.org/10.1108/IJTC-02-2018-0019

Pemerintah. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pemerintah. (2021a). Peraturan Bupati Bangka Nomor 1 tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Tipe A Kabupaten Bangka.

Pemerintah. (2021b). Peraturan Bupati Bangka Nomor 100 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Bangka Nomor 1 tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Tipe A Kabupaten Bangka.

Ramírez, A. (2019). Public Awareness of Air Pollution and Health Threats: Challenges and Opportunities for Communication Strategies To Improve Environmental Health Literacy. Journal of Health Communication, 24(1), 75–83. https://doi.org/10.1080/10810730.2019.1574320

Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Raja Graafindo Persada.

Simons, G. (2020). Swedish Government and Country Image during the International Media Coverage of the Coronavirus Pandemic Strategy: From Bold to Pariah. Journalism and Media, 1(1), 41–58. https://doi.org/10.3390/journalmedia1010004

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Varpahovskis, E. (2022). Impact of country image on relationship maintenance: a case study of Korean Government Scholarship Program alumni. Place Branding and Public Diplomacy, 18(2), 52–64. https://doi.org/10.1057/s41254-020-00177-0

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Erwin, E., Erfan, E., & Herwan, H. (2024). Strategi Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dalam Peningkatan Citra Pemerintahan Kabupaten Bangka. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 5(1), 12. https://doi.org/10.47134/villages.v5i1.84

Issue

Section

Articles