Pelaksanaan Pelayanan Kartu Identitas Anak Melalui Oase (Online Anywhere Service) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kecamatan Lima Kaum

Authors

  • Ajeng Elsa Nadilah Universitas Negeri Padang
  • Jumiati Jumiati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v5i1.65

Keywords:

pelaksanaan pelayanan publik, kartu identitas anak, pencatatan sipil

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan pembuatan kartu identitas anak melalui OASE (online anywhere service) pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil di kecamatan lima kaum. Kartu Identitas Anak merupakan strategi pemerintah sebagai tanggungjawab untuk memberikan identitas kependudukan bagi anak. Penelitian ini memakai metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menguji keabsahan dilakukan dengan teknik triangulasi. Standar pelayanan berdasarkan Permenpanrb RI Nomor 14 Tahun 2017, yaitu persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, produk pelayanan, penanganan pengaduan, saran dan masukkan serta sarana dan prasarana. Hasil penelitian yang dilakukan pada pelayanan KIA secara online melalui OASE pada Disdukcapil di Kecamatan Lima Kaum sudah sesuai dengan standar pelayanan tersebut akan tetapi masih perlu ditingkatkan dalam hal prosedur pelayanan, penanganan pengaduan serta sarana dan prasarana..

References

Abdullah, M. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Fauzy, A. dkk. 2022. Metodologi Penelitian. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Sellang, Kamaruddin. dkk. (2019). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik 'Dimensi, Konsep, Indikator dan Implementasinya'. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Murdiyanto, Eko. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta: Yogyakarta Press.

Panjaitan, Roimanson. 2017. Metodologi Penelitian. Nusa Tenggara Timur: Yusuf Aryani Learning.

Kartika, Dwi. F & Oktariyanda, T. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Adminisitrasi Kependudukan) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Publika. Vol 9. No 5.

Larasati, Selviana. P dan Haksama, Setya. 2016. Penerapan Theory of Constrain Pada Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. Vol. 4. No. 2.

Melinda, M. dkk. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol. 19. No. 2.

Pebriani, V & Rohman, A. (2019). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Gesit Aktif Merakyatnya Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Gampil) Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 8 No. 1.

Risna. (2018). Pelaksanaan Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Administratif di Kantor Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaen Indragiri Hilir). JOM FISIP. Vol.5 No.1.

Sururama, R dan Permana, Alfariz.F.B. (2021). Pelayanan Administrasi Kartu Identitas Anak (KIA) Secara Online Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang Jawa Tengah. Jurnal Media Demokrasi. Vol. 3 No. 2.

Surat Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil No.470/02/Dukcapil Tahun 2020 tentang Inovasi Pelayanan Administrasi.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers PT Raja Grafindo Persada

Panjaitan, R. (2017). Metodologi Penelitian. Nusa Tenggara Timur: Yusuf Aryani Learning.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan

Administrasi Kependudukan Secara Daring.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

Rahmadana, M. F. dkk (2020). Pelayanan Publik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Dharmika, N. A. (2020). Multi-Objective Location Routing Problem with Time Windows for Cost Minimization and Customer Service Level Maximization. Proceedings - 2020 6th International Conference on Science and Technology, ICST 2020. https://doi.org/10.1109/ICST50505.2020.9732826

Feng, Y. (2022). Service fairness and value of customer information for the stochastic container relocation problem under flexible service policy. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 167. https://doi.org/10.1016/j.tre.2022.102921

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik.

Kurilov, K. Y. (2021). Investigating the impact of customer service priority on optimizing the location problem of hierarchical allocation of crowded facilities in the framework of queue systems. Industrial Engineering and Management Systems, 20(2), 339–348. https://doi.org/10.7232/iems.2021.20.2.339

Larasati, S. P., & Haksama, S. (2016). Penerapan Theory Of Constraint Pada Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2).

Nasiri, G. R. (2022). A memetic algorithm for integrated location-inventory problem to optimise the total cost and customer service level. International Journal of Integrated Supply Management, 15(3), 253–279. https://doi.org/10.1504/IJISM.2022.124404

Nasri, S. (2023). Improving the Quality of Service Within Multi-objective Customer-Oriented Dial-A-Ride Problems. Lecture Notes on Data Engineering and Communications Technologies, 147, 292–305. https://doi.org/10.1007/978-3-031-15191-0_28

Nishi, T. (2020). Cooperative Routing Problem between Customers and Vehicles for On-demand Mobile Facility Services. 2020 IEEE 23rd International Conference on Intelligent Transportation Systems, ITSC 2020. https://doi.org/10.1109/ITSC45102.2020.9294281

Panjaitan, R. (2017). Metodologi Penelitian.

M. H. N., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik.

Retraction: Research on the Influence of Service Quality of Hotel Intelligent System on Customer Satisfaction Based on Artificial Intelligence Evaluation (Mathematical Problems in Engineering (2022) 2022 (3832935) DOI: 10.1155/2022/3832935). (2023).

Mathematical Problems in Engineering, 2023. https://doi.org/10.1155/2023/9809325

Velmurugan, J. (2019). Customer perception and problems towards OLA services in smart cities with reference to Salem. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 11(3). https://doi.org/10.21659/rupkatha.v11n3.10

Wu, B. (2021). Knowledge and Behavior-Driven Fruit Fly Optimization Algorithm for Field Service Scheduling Problem with Customer Satisfaction. Complexity, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/8571524

Xiao, S. (2020). Analyzing problems of distribution transformer service areas based on customer-side data mining. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 768(6). https://doi.org/10.1088/1757-899X/768/6/062033

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Nadilah, A. E., & Jumiati, J. (2023). Pelaksanaan Pelayanan Kartu Identitas Anak Melalui Oase (Online Anywhere Service) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kecamatan Lima Kaum. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 5(1), 11. https://doi.org/10.47134/villages.v5i1.65

Issue

Section

Articles