Partisipasi Masyarakat Dalam Penggunaan Layanan Mandiri Pada Sistem Informasi Desa (SID) Di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan
DOI:
https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.198Keywords:
Partisipasi, Masyarakat, Pelayanan Online, Sistem Informasi Desa (SID)Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada masalah minimnya partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri, pemahaman masyarakat yang masih terbatas, lambatnya respons terhadap masyarakat terkait penggunaan layanan mandiri, serta kendala jaringan dan sistem saat mengaksesnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri serta faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, diterapkan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis menggunakan model interaktif yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa (SID) sudah berjalan mulai dari tahun 2017 masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan jumlah masyarakat yang menggunakan atau memanfaatkan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang mengurus permohonan dan mencari informasi kegiatan desa langsung ke kantor desa bahkan langsung bertanya kepada kepala dusun. Minimnya minat masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada SID dipengaruhi oleh ketidaktahuan masyarakat dengan kehadiran layanan mandiri dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai teknologi, serta kebiasaan masyarakat yang sulit dirubah agar terbiasa dengan digitalisasi. Adapun kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan layanan mandiriini juga disebabkan oleh budaya literasi masyarakat masih sangat kurang, saat penggunaannya jika terjadi kesulitan masyarakat cenderung langsung menyerah dan menganggap pelayanan secara online ini sulit. Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan yakni karena adanya kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap layanan mandiri, lambatnya respon dalam pelayanan, jaringan internet yang kurang stabil.
References
Abu Huraera, (2008) Pengorganisasian & pembangunan masyarakat, Bandung: Humaniora.
A.G, Subarsono. (2013). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.
Ainurachma, D. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) Di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).
Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia
Anggraeni, N., & Purnamasari, H. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-GovernmentStudi Kasus Pada Aplikasi Sapa Cetar. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(6), 2009–2014.
Astuti, R., & Iqbal, M. (2018). Penerapan Sistem Informasi Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 2(1), 18-24.
Dahlila, D., & Frinaldi, A. (2020). Inovasi Dukcapil Digi Mobil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2), 241. https://doi.org/10.24036/jess.v412.285
Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan publik: konsep pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83.
Dewi, N. A., & Hartono, R. (2015). Konsep Dasar Pemrograman Web. Yogyakarta: Andi Offset.
Dwiningrum, S.I.A. 2015. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadhilah, A. F., Setianingsih, E. L., & Dwimawanti, I. H. (2023). ANALISIS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK PADA APLIKASI PORJO (PENGADUAN ONLINE RAKYAT PURWOREJO) DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN PURWOREJO. Journal of Public Policy and Management Review, 12(4), 116-133.
Fahasiin, M. N., & Meltarini, M. (2024). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI INOVASI (SP4N–LAPOR) DI KABUPATEN SUKOHARJO PROVINSI JAWA TENGAH (Doctoral dissertation, IPDN).
Farhani, A., & Adnan, M. F. (2021). Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem Paduko. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 65-78.
Hermawan, Yudang & Yoyon 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program-Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 6(1): 97-108
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.
Isbandono, P. (2024). Efektivitas Pelayanan Pembuatan KTP Digital Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 2(2).
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 58 Tahun 2002 Aparatur Negara No./KEP/25/M.PAN/2/2004 Pelayanan Publik.
MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Nisa, Mauliddinah Abdullah. 2018. “Konsep Dasar Perpajakan.” Channel VI(1):106–19.
Novaldi, R., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Penerapan E-Voting Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Waliagari Batu Taba Kabupaten Agam Tahun 2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).
Purwanto, Erwan Agus, 2008. Pelayanan Publik Partsipatif dalam buku Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Putra, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Smartdukcapil Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kota Serang Provinsi Banten (Doctoral dissertation, IPDN).
Rahmat, I. R., & Pasciana, R. (2023). EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 14(2), 25-44.
SALSABILI, A. (2022). IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE MELALUI APLIKASI GUDANG LAYANAN MASYARAKAT TERPADU DI KOTA TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH (Doctoral dissertation, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI).
Setiawan, A., & Ikbal, george towar. (2019). Inovasi Pelayanan Publik di Bidang Pertanian Melalui Aplikasi. Seminar Nasional Politik Dan Hubungan Internasional, 1(1), 1–20.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :. CV Alfabeta.
Sulistyorini D. Putri SS. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kejadian BBLR di Puskesmas Pedesaan Kabupaten Banjar Negara Thaun 2014. Jurnal MedSains. 1(1)
Sunarti. 2003. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan Secara Kelompok. Jurnal Tata Loka. Semarang: Planologi UNDIP.
Tawai A. & Yusuf. M. (2017). Partisipasi Masarakat dalam Pembangunan. Kendari: Literacy Institute.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Della Dwi Safitri, M. Fachri Adnan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal is based on the work at https://villages.pubmedia.id/index.php/villages under license from Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
- Share – copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt – remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms, which include the following:
- Attribution. You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike. If you remix, transform or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions. You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Information for authors
The author should be aware that by submitting an article to this journal, the article's copyright will be fully transferred to Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. Authors are allowed to resend their manuscript to other journals or intentionally withdraw the manuscript only if both parties (Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa and Authors) have agreed on the issue. Once the manuscript has been published, authors are allowed to use their published article under Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa copyrights.
All authors are required to deliver the agreement of license transfer once they submit the manuscript to Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. By signing the agreement, the copyright is attributed to this journal to protect the intellectual material for the authors. Authors are allowed to share, copy and redistribute the material in any medium and in any circumstances.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa is licensed under an International License