Partisipasi Masyarakat Dalam Penggunaan Layanan Mandiri Pada Sistem Informasi Desa (SID) Di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan

Authors

  • Della Dwi Safitri Universitas Negeri Padang
  • M. Fachri Adnan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.198

Keywords:

Partisipasi, Masyarakat, Pelayanan Online, Sistem Informasi Desa (SID)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada masalah minimnya partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri, pemahaman masyarakat yang masih terbatas, lambatnya respons terhadap masyarakat terkait penggunaan layanan mandiri, serta kendala jaringan dan sistem saat mengaksesnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri serta faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Jenis penelitian ini kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, diterapkan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis menggunakan model interaktif yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa (SID) sudah berjalan mulai dari tahun 2017 masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan jumlah masyarakat yang menggunakan atau memanfaatkan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah  masyarakat yang mengurus permohonan dan mencari informasi kegiatan desa  langsung ke kantor desa bahkan langsung bertanya kepada kepala dusun. Minimnya minat masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada SID dipengaruhi oleh ketidaktahuan masyarakat dengan kehadiran layanan mandiri dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai teknologi, serta kebiasaan masyarakat yang sulit dirubah agar terbiasa dengan digitalisasi. Adapun kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan layanan mandiriini juga disebabkan oleh budaya literasi masyarakat masih sangat kurang, saat penggunaannya jika terjadi kesulitan masyarakat cenderung langsung menyerah dan menganggap pelayanan secara online ini sulit. Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam penggunaan layanan mandiri pada Sistem Informasi Desa di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan yakni karena adanya kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap layanan mandiri, lambatnya respon dalam pelayanan, jaringan internet yang kurang stabil.

References

Abu Huraera, (2008) Pengorganisasian & pembangunan masyarakat, Bandung: Humaniora.

A.G, Subarsono. (2013). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.

Ainurachma, D. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) Di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia

Anggraeni, N., & Purnamasari, H. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-GovernmentStudi Kasus Pada Aplikasi Sapa Cetar. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(6), 2009–2014.

Astuti, R., & Iqbal, M. (2018). Penerapan Sistem Informasi Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 2(1), 18-24.

Dahlila, D., & Frinaldi, A. (2020). Inovasi Dukcapil Digi Mobil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2), 241. https://doi.org/10.24036/jess.v412.285

Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan publik: konsep pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83.

Dewi, N. A., & Hartono, R. (2015). Konsep Dasar Pemrograman Web. Yogyakarta: Andi Offset.

Dwiningrum, S.I.A. 2015. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadhilah, A. F., Setianingsih, E. L., & Dwimawanti, I. H. (2023). ANALISIS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK PADA APLIKASI PORJO (PENGADUAN ONLINE RAKYAT PURWOREJO) DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN PURWOREJO. Journal of Public Policy and Management Review, 12(4), 116-133.

Fahasiin, M. N., & Meltarini, M. (2024). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI INOVASI (SP4N–LAPOR) DI KABUPATEN SUKOHARJO PROVINSI JAWA TENGAH (Doctoral dissertation, IPDN).

Farhani, A., & Adnan, M. F. (2021). Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem Paduko. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 65-78.

Hermawan, Yudang & Yoyon 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program-Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 6(1): 97-108

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

Isbandono, P. (2024). Efektivitas Pelayanan Pembuatan KTP Digital Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 2(2).

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 58 Tahun 2002 Aparatur Negara No./KEP/25/M.PAN/2/2004 Pelayanan Publik.

MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Nisa, Mauliddinah Abdullah. 2018. “Konsep Dasar Perpajakan.” Channel VI(1):106–19.

Novaldi, R., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Penerapan E-Voting Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Waliagari Batu Taba Kabupaten Agam Tahun 2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

Purwanto, Erwan Agus, 2008. Pelayanan Publik Partsipatif dalam buku Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putra, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Smartdukcapil Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kota Serang Provinsi Banten (Doctoral dissertation, IPDN).

Rahmat, I. R., & Pasciana, R. (2023). EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 14(2), 25-44.

SALSABILI, A. (2022). IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE MELALUI APLIKASI GUDANG LAYANAN MASYARAKAT TERPADU DI KOTA TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH (Doctoral dissertation, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI).

Setiawan, A., & Ikbal, george towar. (2019). Inovasi Pelayanan Publik di Bidang Pertanian Melalui Aplikasi. Seminar Nasional Politik Dan Hubungan Internasional, 1(1), 1–20.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :. CV Alfabeta.

Sulistyorini D. Putri SS. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kejadian BBLR di Puskesmas Pedesaan Kabupaten Banjar Negara Thaun 2014. Jurnal MedSains. 1(1)

Sunarti. 2003. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan Secara Kelompok. Jurnal Tata Loka. Semarang: Planologi UNDIP.

Tawai A. & Yusuf. M. (2017). Partisipasi Masarakat dalam Pembangunan. Kendari: Literacy Institute.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

Della Dwi Safitri, & M. Fachri Adnan. (2024). Partisipasi Masyarakat Dalam Penggunaan Layanan Mandiri Pada Sistem Informasi Desa (SID) Di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 6(1). https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.198

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.