Pengaruh Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Perekonomian di Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo Tahun 2018-2020

Dery Anggelean Saputra, Muhammad Eko Atmojo

Abstract


Desa Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan menjadi salah satu desa di Kabupaten Kulon Progo yang telah berhasil memberdayakan masyarakat desa melalui industri kerajinan daun pandan. Mayoritas masyarakat yang dulunya hanya berpenghasilan dari pertanian dan peternakan, kini mampu memperoleh tambahan penghasilan dari kerjaninan daun pandan tersebut. Perajin daun pandan di Desa Tanjungharjo dapat memperoleh tambahan penghasilan sekitar Rp 500.000 perbulan bahkan lebih, apabila pesanan mengalami peningkatan. Keberhasilan dari pemberdayaan masyarakat ini tentu saja mendatangkan pengaruh yang baik pada peningkatan ekonomi di Desa Tanjungharjo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis indikator-indikator pada pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomi dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada keberhasilan pemberdayaan masyarakat di Desa Tanjungharjo. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator pada pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomi di Desa Tanjungharjo, yaitu modal, partisipasi, kontrol dan kesejahteraan, sedangkan keberhasilan pemberdayaan masyarakat di Desa Tanjungharjo dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu SDA, pengembangan SDM, permodalan, pemasaran, dan juga pengawasan.


Keywords


Pemberdayaan, Masyarakat Desa, Perekonomian

Full Text:

PDF

References


Almasri, & Deswimar, D. (2014). Peran Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Pedesaan. Jurnal El-Riyasah, 5(1), 12

Arjana, I. G. Ba. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Depok: Rajawali Pers.

Aryati, W. (2015). Dampak Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Kerajinan Tangan Rumput Aji Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Dusun Tanjunggunung Desa Tanjungharjo Nanggulan Kulonprogo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Asy’arie, M. (2007). Islam Etos Kerja Dan Pemberdayaan Ekonomi Umat.

Destiana, A., Suryatman, D., & Setiowati, N. E. (2016). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Manis Kidul Dalam Menunjang Pendidikan Formal Di Objek Wisata Cibulan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Eduekos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi1, 9.

Ibu Erna seabagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kulon Progo

Erna. (2020). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Kabupaten Kulon Progo. Wawancara dilaksanakan pada Tanggal 10 November 2020. Hasil Wawancara.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 16.

Harmiati, & Zulhakim, A. A. (2017). Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Mengembangkan Usaha Dan Ekonomi Masyarakat Desa Yang Berdaya Saing Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Academia edu.

Koeswantono W, S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Menyulam Pada Ibu-Ibu Di Desa Pabuaran Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Jurnal Sarwahita, 11(2), 82.

Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(4), 6.

Kusmana, D. (2018). Manfaat Alokasi Dana Desa Bagi Pembangunan Dan Masyarakat Desa. Jurnal Otonomi dan Keuangan Daerah 6(1), 18.

Kusniawati, D., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Di Desa Bumiaji. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 15.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2015). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nafidah, L. N., & Suryaningtyas, M. (2016). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 214.

Ngatinem. (2020). Selaku Masyarakat yang Diwawancarai tentang Penguatan Modal dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tanjung Harjo. Dilaksanakan Pada Tanggal 10 November 2020. Hasil Wawancara.

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. CIVIS Jurnal, 2, 13.

Nurhadi, I. (2020). Wawancara dengan Kepala Desa Tanjungharjo, Dilaksanakan pada Tanggal 10 November 2020. Hasil Wawancara.

Pondaag, A., Gosal, R., & Kimbal, A. (2017). Pengawasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Kerja Pemerintahan Desa Kali Oki Kecamatan Tombatu. Jurnal Eksekutif, 2, 12.

Purwanti, Budi. (2020). Kepala Urusan Kesejahteraan Desa Tanjungharjo. Disampaikan dalam Wawancara yang Dilaksanakan Pada Tanggal 10 November 2020. Hasil Wawancara

Purwanto, B. (2020). Wawancara dengan Bapak Budi Purwanto sebagai Masyarakat Pelopor Kesejahteraan Masyarakat Desa Tanjungharjo, di Desa Tanjungharjo Tanggal 10 Nevember 2020. Hasil Wawancara.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 11(2).

Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN. Kementerian Keuangan.

Sutiyono, O. (2008). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pelaksanaan Program Desa Wisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kepatihan, 19.

Wulandari, L. (2017). Strategi Perencanaan Pembangunan Desadi Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(3).

Yasril, Y., & Nur, A. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan. Jurnal Dakwah Risalah, 28(1), 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Gg. Broto Manunggal V, Brajan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184