Penerapan Prinsip-Prinsip New Public Service Studi Kasus: Layanan SAMSAT Keliling Balaraja
DOI:
https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.177Keywords:
New Public Service, SAMSAT KelilingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan prinsip-prinsip New Public Service pada layanan SAMSAT Keliling di Kantor SAMSAT Balaraja sebagai langkah inovatif yang dikembangkan oleh pemerintah setempat. Layanan SAMSAT Keliling bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus datang langsung ke Kantor SAMSAT, sekaligus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip New Public Service, Melayani Warga Negara, bukan Pelanggan (Serve Citizens, Not Customer), Mengutamakan Kepentingan Publik (Seeks the Public Interest), Kewarganegaraan lebih berharga daripada Kewirausahaan (Value Citizenship over Entrepreneurship), Berpikir Strategis, Bertindak Demokratis (Think Strategically, Act Democratically), Menyadari Akuntabilitas Bukan Hal Sederhana (Recognize that Accountability is not Simple), Melayani Ketimbang Mengarahkan (Serve Rather than Steer), Menghargai Manusia, Bukan Sekedar Produktivitas (Value People, Not Just Productivity). Namun, masih terdapat tantangan seperti kesalahan sistem yang mempengaruhi ketepatan waktu pelayanan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa meskipun terdapat peningkatan aksesibilitas dan partisipasi masyarakat dalam layanan SAMSAT Keliling, masih terdapat isu terkait percaloan dan biaya tambahan yang perlu diperbaiki untuk mencapai kualitas pelayanan yang lebih baik.
References
Alamsyah, A. (2022). Perkembangan Paradigma Administrasi Publik (New Public Administration, New Public Management dan New Public Service). Jurnal Politik Profetik, 4(2), 172–199.
antaranews.com. (2022). Realisasi penerimaan pajak PKB Samsat Balaraja capai 99 persen. https://banten.antaranews.com/berita/233491/realisasi-penerimaan-pajak-pkb-samsat-balaraja-capai-99-persen
bapenda.bantenprov.go.id. (2020). SAMSAT BALARAJA. Bapenda.Bantenprov.Go.Id. https://bapenda.bantenprov.go.id/samsatbalaraja
Berry, L. L. et al. (2002). Understanding Service Convenience. Journal of Marketing, 66(3), 1–17.
Devaranti, S., Murodi, H. A., & Machrunnisa, M. (2023). Inovasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) Di Uptd Kantor Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang. Jurnal Administrasi Negara, 29(2), 127–146. https://doi.org/10.33509/jan.v29i2.2637
Harlaninnur, Z. (2020). New Public Service Dalam Pengurusan Akta Kelahiran pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Pekanbaru.
Indonesia, R. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Bphn.Go.Id, 2003(1), 3.
infomassa.com. (2023). Isu Pungli Di Samsat Balaraja Ditantang Tampakkan Bukti. https://infomassa.com/isu-pungli-di-samsat-balaraja-ditantang-tampakkan-bukti/
Kemenkeu. (2015). PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2015. 151, 10–17. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2015/5TAHUN2015PERPRES.pdf
Ramdani, A. (2018). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Samsat Keliling di Kota. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 6(1), 23–30. https://doi.org/10.30656/sawala.v6i1.618
Soselisa, H. C., & Puturuhu, D. (2021). Penerapan Prinsip New Publik Service dalam Pelayanan STNK pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 2(2), 315–330. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v2.i2.p315-330
Sugiarto. (2016). NEW PUBLIC SERVICE DALAM PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KOTA SELATPANJANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. 4(1), 1–23.
Winarni, Aris Toening; Pamungkas, S. Y. (2024). Kualitas Pelayanan Samsat Keliling Susan Yuda Pamungkas permasalahan yang memengaruhi pelayanan kepada masyarakat . Pertama , Kabupaten Blora termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 Bab V Pelaksanaan Pasal 22 tentang peningkatan kualitas pel. 21(1).
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nurlaili Ulfah, Irvan Arif Kurniawan, Fitria Firdiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal is based on the work at https://villages.pubmedia.id/index.php/villages under license from Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
- Share – copy and redistribute the material in any medium or format.
- Adapt – remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms, which include the following:
- Attribution. You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike. If you remix, transform or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions. You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Information for authors
The author should be aware that by submitting an article to this journal, the article's copyright will be fully transferred to Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. Authors are allowed to resend their manuscript to other journals or intentionally withdraw the manuscript only if both parties (Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa and Authors) have agreed on the issue. Once the manuscript has been published, authors are allowed to use their published article under Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa copyrights.
All authors are required to deliver the agreement of license transfer once they submit the manuscript to Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa. By signing the agreement, the copyright is attributed to this journal to protect the intellectual material for the authors. Authors are allowed to share, copy and redistribute the material in any medium and in any circumstances.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa is licensed under an International License