Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program CSR PT INALUM di Wisata Sawah Raja

Authors

  • Rizka Khoirulika Magister Pembanguan Sosial dan Kesejahteraan UGM
  • Dany Mustafa Inosustain
  • Mhd. Alex Ridwan PT INALUM
  • Thaofan Dinar Eko Saputro PT INALUM

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.187

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, CSR, Wisata

Abstract

Penelitian ini menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dalam program CSR PT INALUM di Wisata Sawah Raja. Sebab, berbeda dengan konteks umum dimana strategi pemberdayaan masyarakat banyak diteliti, dalam konteks CSR strategi pemberdayaan masyarakat masih minim. Teori utama yang digunakan untuk menganalisis hal ini adalah strategi pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan oleh Civera, de Colle, & Casalegno (2019). Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumen, bahan digital, dan FGD. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama CSR PT INALUM terletak pada pendanaan dan kedekatan sosialnya. Hal ini tercermin dalam strateginya yang meliputi: 1) memenuhi kebutuhan dasar buruh tani dan ibu-Ibu PKK; 2) menjunjung tinggi HAM dengan tidak diskriminatif terhadap difabel; 3) merintis dan mempertahankan pendapatan Wisata Sawah Raja; 4) mengembangkan kemampuan penggerak Wisata Sawah Raja; 5) meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam pengambilan keputusan; 6) mendukung penciptaan bisnis tenun songket Melayu dan inovasi kuliner kolak cabe; 7) penguatan tata kelola dan struktur organisasi BUMDes; 8) mengembangkan kemitraan kolaboratif antar institusi sosial. Dengan demikian, upaya pemberdayaan masyarakat dalam konteks CSR untuk mengatasi sistem yang tidak adil menjadi lebih terstruktur dan sistematis. Meski begitu, ada catatan penting dalam program CSR PT INALUM, yakni tidak adanya fasilitator pemberdayaan masyarakat.

References

Adi, I. R. (2013). Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahruddin. (2021). KINERJA PUBLIC VOLUNTARY REGULATION (PVR) DI INDONESIA: KAJIAN PROGRAM PENILAIAN PERINGKAT KINERJA PERUSAHAAN DALAM LINGKUNGAN HIDUP (PROPER). Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 22(1). https://doi.org/10.7454/jurnalkessos.v22i1.279

Berampu, A. C., & Agusta, I. (2015). Manfaat Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Sampah. Jurnal Penyuluhan, 11(2). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v11i2.10575

Civera, C., de Colle, S., & Casalegno, C. (2019). Stakeholder engagement through empowerment: The case of coffee farmers. Business Ethics: A European Review, 28(2), 156–174. https://doi.org/10.1111/beer.12208

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE.

Degie, B., & Kebede, W. (2019). Corporate social responsibility and its prospect for community development in Ethiopia. International Social Work, 62(1), 376–389. https://doi.org/10.1177/0020872817731148

Hayati, B. N., & Suparjan, S. (2017). Kemitraan sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program CSR Batik Cap Pewarna Alami di PT. Semen Gresik Pabrik Tuban. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 11(1), 43–50.

Idemudia, U., & Osayande, N. (2016). Assessing the effect of corporate social responsibility on community development in the Niger Delta: A corporate perspective: Table 1. Community Development Journal, cdj;bsw019v1. https://doi.org/10.1093/cdj/bsw019

Ismail, M., Alias, S. N., & Mohd Rasdi, R. (2015). Community as stakeholder of the corporate social responsibility programme in Malaysia: Outcomes in community development. Social Responsibility Journal, 11(1), 109–130. https://doi.org/10.1108/SRJ-05-2013-0053

Maftuhin, A. (2017). MENDEFINISIKAN KOTA INKLUSIF: ASAL-USUL, TEORI DAN INDIKATOR. TATALOKA, 19(2), 93–103. https://doi.org/10.14710/tataloka.19.2.93-103

McGuire, J. W. (1963). Business and Society. New York: McGraw Hill.

Miller, V., & Covey, J. (2005). Pedoman Advokasi: Perencanaan, Tindakan, Dan Refleksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Fungsi Corporate social responsibility (CSR) Dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Share : Social Work Journal, 8(2), 203. https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20081

Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2015). Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 507. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1564

Retnaningsih, H. (2015). PERMASALAHAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. 6(2).

Ritchie, J., & Lewis, J. (Ed.). (2003). Qualitative Research Practice: A Guide for Social Science Students and Researchers (Vol. 41). London: SAGE. Diambil dari http://choicereviews.org/review/10.5860/CHOICE.41-1319

Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021). ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 112. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32144

Soetomo. (2006). Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharto, E. (2009). Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri: Memperkuat CSR. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2021). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Susetiawan. (2012). CSR: Komitmen untuk Pemberdayaan Masyarakat (Susetiawan, Ed.). Yogyakarta: Azzagrafika.

Wilson, S. A. (2015). Corporate social responsibility and power relations: Impediments to community development in post-war Sierra Leone diamond and rutile mining areas. The Extractive Industries and Society, 2(4), 704–713. https://doi.org/10.1016/j.exis.2015.09.002

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Los Angeles: SAGE.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Rizka Khoirulika, Dany Mustafa, Mhd. Alex Ridwan, & Thaofan Dinar Eko Saputro. (2024). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program CSR PT INALUM di Wisata Sawah Raja. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 6(1). https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.187

Issue

Section

Artikel Information

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.