Karakteristik Modeling/Profiling Wilayah Pemilihan Desa Berdasarkan Potensi Demografis dan Geografis di Kabupaten Bandung

Authors

  • Dewi Kurniasih Universitas Komputer Indonesia
  • Cecep Suhendar DPRD Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v2i1.19

Keywords:

Desa, Karakteristik, Modeling, Profiling

Abstract

Desa merupakan kesatuan masyarakat yang memiliki batas wilayah dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Kabupaten Bandung memiliki hampir 200 desa dengan kondisi geografis dan demografis yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah melakukan eksplorasi data dan informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar argumentatif dan ilmiah terkait karakteristik modeling/profiling wilayah pemilihan desa berdasarkan potensi demografis dan geografis di Kabupaten Bandung. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi lapangan dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat tiga klasifikasi desa, yaitu desa swadaya yang sifatnya masih tradisional, adat istiadat masih sangat kental hubungan antar sosial masih sangat-sangat erat, desa swakarya yang juga disebut desa transisi adalah desa yang setingkat lebih maju dari desa swadaya, dimana adat istiadat masyarakat desa sedang mengalami perubahan pola pikir masyarakat dan bertambahnya pekerjaan di desa sehingga mata pencaharian sudah mulai berkembang tidak lagi bergantung pada bertani, beternak atau hasil hutan, dan desa swasembada  dimana masyarakatnya telah mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam dan potensinya sesuai dengan kegiatan pembangunan regional. Hal ini telah menunjukkan adanya pemetaan desa di Kabupaten Bandung.

 

Author Biographies

Dewi Kurniasih, Universitas Komputer Indonesia

Sosiologi Pemerintahan

Cecep Suhendar, DPRD Kabupaten Bandung

Ilmu Pemerintahan

References

to, D., & Nilogiri, A. (2019). Klasifikasi Status Desa di Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode naive bayes. Unmuh Jember.

Kurniasih, D. (2011). Perubahan Status Desa Menjadi Kelurahan Di.

Kurniasih, D., Subagyo, A., & Agustina, S. (2016). Penyusunan Tugas Dan Fungsi Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VI(1), 127–138.

Soleh, A. (2017). Strategi Pengembangan Potensi Desa. Jurnal Sungkai, 5(1), 35–52.

Susilawati, N. (2012). Sosiologi Pedesaan. In Sosiologi Pedesaan. Padang.

Yulianti, D., Suryana, & Setaiawan, A. Y. (2018). Hubungan Konsep Geografi Dengan Pengembangan Usaha Konveksi Serta Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Cilame Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. 1(1).

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Kurniasih, D., & Suhendar, C. (2021). Karakteristik Modeling/Profiling Wilayah Pemilihan Desa Berdasarkan Potensi Demografis dan Geografis di Kabupaten Bandung. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.47134/villages.v2i1.19

Issue

Section

Articles