Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Raji Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun 2017

Authors

  • Listyani Nur Baihati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Eko Atmojo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Vindhi Putri Pratiwi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/villages.v2i1.12

Keywords:

Pembangunan, Partisipasi, Prioritas

Abstract

Dalam rangka program dari pemerintah Pembangunan merupakan salah satu komponen terpenting untuk pemerintah, baik pembangunan infrastruktur maupun pembangunan fisik. Dalam proses pembangunan pasti ada yang namananya partisipasi masyarakat, dimana partisipasi ini akan sangat bermanfaat sekali bagi pemerintah terutama untuk mensukseskan pembangunan. Salah satunya partisipasi masyarakat di Desa Raji, dalam proses pembangunan desa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan penggalian data lebih dalam melalui wawancara dan dukungan data skunder. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa pada tahap perencanaan desa dilakukan koordinasi dengan masyarakat. Selain itu penentuan program juga didasari dengan skala prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dimana pada proses pembangunan sudah dinyatakan cukup baik akan tetapi pada proses partisipasi masyarakat masih cukup rendah.

Author Biographies

Listyani Nur Baihati, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ilmu Pemerintahan

Muhammad Eko Atmojo, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ilmu Pemerintahan

Vindhi Putri Pratiwi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ilmu Pemerintahan

References

Apriadi, M. D. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa (Studi Kasus Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul Tahun 2018). Ilmu Sosial dan Politik.

Deviyanti, D. (2013). Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal Administrasi Negara 1(2), 380-394.

Firnando, O. (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Suka Maju Kecamatan Mestong Kabupaten Muara Jambi Tahun 2016. Ilmu Pemerintahan.

Kagoya, T., Olfie, B., & Laoh, O. E. (2015). Partisipasi Masyarakat terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa di Kabupaten Lanny Jaya-Papua . Jurnal berkala Ilmiah Efisiensi.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, & Syaodih, N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardi, I. (2010). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Citra Utama.

Welasari, & Ardieansyah. (2018). Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Makeruh Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 1(2), 259-273.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Baihati, L. N., Atmojo, M. E., & Pratiwi, V. P. (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Raji Kecamatan Demak Kabupaten Demak Tahun 2017. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.47134/villages.v2i1.12

Issue

Section

Articles